10 Suplemen Terbaik Pembentukan Otot



Memilih suplemen terbaik yang Anda butuhkan di antara sekian banyak produk yang ditawarkan pasar pasti membingungkan. Belum lagi fakta bahwa BPOM belum sepenuhnya melakukan pengawasan terhadap suplemen yang beredar di pasaran. Sebelum berniat membeli produk suplemen tertentu, ada baiknya saya bekali dengan pengetahuan dasar mengenai istilah suplemen pembentuk otot.

Whey protein powder
Asam amino turunan dari protein yang penting untuk membangun otot. Berapa kebutuhan protein setiap orang? 1-2 gr protein per KG berat badan/harian untuk pembangunan otot maksimal.

Glutamine
L-glutamine yang berlimpah didalam tubuh akan mencegah penyusutan otot dan membantu recovery. L-glutamine digunakan sebagai suplemen post- workout.

Branched Chain Amino Acids (BCAA)
BCCAs baik digunakan sebagai suplemen pre-workout karena dapat meningkatkan stamina selama workout dan mengurangi kelelahan pada otot. Kandungan BCAAs antara lain leucine, isoleucine, dan valine tiga unsur yang berperan dalam pembentukan serat otot baru.

Glucosamine
Diduga senyawa ini untuk meningkatkam kesehatan persendian dan menimalisir kerusakan pada tulang rawan di lutut dan persendian lainnya.

Creatine
Tubuh secara alami memproduksi creatine untuj mengisi kembali ATP (adenosine triphospate) di otot. Suplemen creatine baik digunakan untuk proses bulking karena fungsi creatine untuk meningkatkan massa otot.

Carnitine
Belum ada penelitian untuk membuktikan fungsi canitine sebagai pengikis lemak tubuh. Namum sejatinya carnitine secara alami  berfungsi mentransfer lemak ke mitchondria sebagai pembakar lemak untuk memproduksi energi.

Nitric Oxide (NO)
Sejatinya merupakan gas yang dihasilkan tubuh untuk membantu peredaran darah sehingga memperlancar distribusi nutrisi ke otot selama berlatih intens. NO baik dikonsumsi sebagai suplemen pre-workout.

Hydrox Methylbutyric acid (HMB)
Produk sampingan metabolisme leucine, berguna untuk meningkatkan pembangunan serat otot.

Kafein
Kafein terbukti dapat membantu mengikis lemak dalam tubuh dan juga mampu mengurangi kelelahan selama workout berlangsung. Batasan aman? 400 sampai dengan 600 mg.

Multivitamin
Anda salah bila berpikir tidak memerlukan suplemen ini dalam porsi diet. Pada kenyataannya pengaturan diet yang baik pun belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan.


Jadwal dan takaran :

Langsung saja:
Bangun Pagi
• Pembakar lemak dari Ripped Fuel TwinLab, 1 tablet
• Multivitamin dari Dymatize, 1 tablet
• Whey Protein dari Elite Whey Protein: 20-40 grams

Bersamaan dengan makan
• CLA dari Tonaline Cla Dymatize: 1-3 gr
• Gainer dari Endurance Fitnespro(lab) : 20-40 gr
• Carnitine dari L-Carnitine Dymatize : 1 tablet
Snack
• Campuran BCAA dan Glutamine dari Elite Recoup: 12 gr
• Amino dari Super Amino Dymatize : 2 Tablet

Sebelum Berlatih
• No Booster dari Xpand 2x Dymatize : 1 takaran ( 30 Menit)
• Whey Protein dari Elite Whey Protein: 20 gr (30 Menit)
• Creatine dari Creatine 4200 Metrx: 2-5 gr
• BCAAs dari BCAAs Comlpex 2000 Dymatize : 5 gr

Setelah Berlatih
• Whey Protein dari Elite Whey Protein: 20 – 40 gr
• Creatine dari Creatine 4200 Metrx: 2-5 gr
• Glutamine dari Glutamine 1000 Metrx : 2 gr
• BCAAs dari BCAAs Comlpex 2000 Dymatize : 5 gr
• Gainer dari Endurance Fitnespro(lab) : 20-40 gr

Sebelum Tidur
• Casein Protein dari Iso 100 Dymatize: 20-40 gr


0 komentar:

Posting Komentar